Kamis, 20 Oktober 2011

Nanas Dan Kehamilan



Nanas adalah buah yang sangat bermanfaat. Di dalam nanas terkandung banyak vitamin dan mineral yang sangat baik bagi tubuh kita. Zat yang terkandung di dalamnya antara lain air, protein, kalsium, besi, magnesium, fosfor, potassium, sodium, zinc, tembaga, mangan, selenium, vitamin c, tiamin, riboflavin, niasin, asam pantotenic, vitamin B6, asam folat, vitamin A, beta karoten, alfa karoten, licopene, vitamin K, dan lutein. Nanas juga mengandung senyawa fitokimia dan antioksidan terutama pada bagian bonggol tengah nanas yang berkhasiat mencegah kanker, menyembuhkan wasir, mengurangi resiko serangan jantung dan mengurangi stress. 
            Banyaknya kandungan yang bermanfaat pada buah nanas yang berasa segar ini dapat menepis mitos bahwa nanas dapat mengganggu kehamilan dan dapat menyebabkan keguguran . Memang, rasa dominan masam pada nanas dikhawatirkan dapat menyebabkan kontraksi perut yang diduga oleh orang awal dapat memicu `kontraksi uterus sehingga membahayakan janin, namun hal itu belum terbukti pada penelitian ilmiah.
            Selama kehamilan normal dan tidak terjadi masalah, mengkonsumsi nanas diperbolehkan dan tidak dilarang. Sebaiknya ibu mengkonsumsi nanas yang matang dan manis untuk menghindari tingkat keasaman dari asam arachidonat dan alcohol yang sangat tinggi pada nanas yang masih muda yang mungkin saja memicu hormone prostaglandin penyebab kontraksi.





dari berbagai sumber

2 komentar:

  1. pertamax.... :)
    mineral-mineral yang namanya "aneh-aneh" itu gunanya buat apa yah? tiamin, riboflavin, niasin, asam pantotenic, alfa karoten, licopene, dan lutein, semuanya baru denger hehe

    BalasHapus
  2. keduax :)
    blogger amatir ni hehehe.
    itu semua vitamin-mineral yg termasuk mikronutrien,
    artinya sangat dibutuhkan walau hanya dalam jumlah yang sedikit, gunanya banyak, saling berkaitan dengan zat lain. matur nuwun..

    BalasHapus